Open House: BBPVP Cevest Bekasi Siap Cetak SDM Unggul di Kawasan ASEAN

  • Redaksi
  • 19 Oktober 2022
  • 81
  • Bagikan:
Open House: BBPVP Cevest Bekasi Siap Cetak SDM Unggul di Kawasan ASEAN Open House Pelatihan Vokasi, yang dilaksanakan selama 5 hari, di Aula Garuda BBPVP Bekasi, sejak tanggal 17-21 Oktober 2022

BEKASI - Balai  Besar  Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BBPVP) Cevest  Bekasi gelar Open House Pelatihan Vokasi, yang dilaksanakan selama 5 hari, di Aula Garuda BBPVP Bekasi, sejak tanggal 17-21 Oktober 2022. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Walikota Bekasi Bidang Pemerintahan, Asep Gunawan, pada Senin (17/10/22).


Open House ini juga dihadiri Pj. Bupati Bekasi yang  diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Ika Indah Yarti, Ketua FKLPI BBPVP Bekasi Rohmat Yuwono, yang dalam kesempatan ini menjadi narasumber dalam acara Talk Show dari sektor Industri, Perwakilan Perusahaan sektor Industri, Pelaku UMKM Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.


Pelaksanaan Open House Pelatihan Vokasi di BBPVP Bekasi, bertujuan untuk memberikan gambaran proses ekosistem ketenagakerjaan bidang pelatihan Vokasi, link and match antara pencari kerja dan pemberi kerja di BBPVP Bekasi. Beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya Demonstrasi Pelatihan, Talkshow yang diisi oleh Narasumber dari Dunia Industri, Bursa Kerja hybrid, Bazar UMKM yang di ikuti 100 pelaku UMKM di bidang fashion, industri kreatif, makanan dan minuman, hiburan dan doorprize. 


Kepala BBPVP Bekasi, Herman Bija mengatakan, BBPVP Bekasi atau yang dikenal Center for Vocational and Extention Service Training (Cevest) yang didirikan pada tahun 1985, melalaui bantuan Pemerintah Jepang, hingga sampai saat ini terus melakukan pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di Indonesia dalam rangka peningkatan SDM di kawasan ASEAN.


“Semakin banyak kolaborasi dalam rangka melakukan pembangunan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Indonesia khususnya untuk para pencari kerja, maupun yang sudah bekerja, Cevest atau BBPVP Bekasi akan terus mengembangkan potensi-potensi peningkatan SDM yang unggul di kawasan ASEAN,” ujar Herman. 


BBPVP  Bekasi merupakan unit kerja setingkat eselon II yang berada di bawah  Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produkivitas (Ditjen  Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan, yang memiliki luas area lebih kurang 10 hektar, dengan aktifitas utama adalah memberikan layanan pelatihan kepada para pencari kerja, yang didalamnya terdapat Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kejuruan Elektronika, Kejuruan Pariwisata, Kejuruan Sistem Pendingin (Refrigerasi), dan Kejuruan Las (Welding).


Dalam menjalankan tugasnya BBPVP Bekasi mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Rencana Strategis Kementerian Ketenagakerjaan 2020-2024, dimana sasaran strategis yang akan dicapai adalah membangun integrasi dalam hal pelatihan, sertifikasi, dan penempatan tenaga kerja dalam sebuah bisnis proses yang utuh dan efektif untuk mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja.


“Dalam menjalankan fungsinya BBPVP Bekasi juga memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) binaan yang terdapat dibeberapa wilayah yaitu Provinsi Bengkulu, Provinsi Kalimantan Tengah, dan juga BLK Binaan yang ada di beberapa Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Barat,” kata Herman.


“Untuk  mencapai  sasaran yang tertuang dalam rencana strategis tersebut, serta untuk mendukung program yang dicanangkan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI yang tertuang dalam 9 Lompatan Besar Ketenagakerjaan, yang diantaranya adalah Tranformasi Balai Latihan Kerja serta Link and Match Ketenagakerjaan. Maka penyelengaraan kegiatan open house pelatihan vokasi ini sebagai tahap awal untuk mecapai target dan rencana tersebut, yang selanjutnya nanti kegiatan festival pelatihan vokasi yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center tanggal 28 sd 30 Oktober,” tambah Herman.


Festival Pelatihan Vokasi di JCC merupakan acara festival terbesar bidang pelatihan vokasi yang didalamnya terdapat pameran peralatan dan produk pelatihan, short training, lowongan pekerjaan dari seluruh Indonesia. Dalam acara tersebut juga akan dimeriahkan oleh sederet artis ternama. (Ras)



Disarankan untuk anda