3 Hari Kedepan Pemkot Bekasi Akan Gelar EKUP

  • Redaksi
  • 17 September 2018
  • 32
3 Hari Kedepan Pemkot Bekasi Akan Gelar EKUP Simulasi Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Menguji Emisi Kendaraan Bermotor

Kabartiga.com, Bekasi – Mulai besok, hingga Kamis (20/9/2018), tiga ruas jalan di Kota Bekasi akan dilakukan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi. Tiga ruas itu, yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan Sultan Agung dan Jalan Ir H Juanda.


Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, EKUP dilakukan untuk merawat kualitas udara perkotaan di Kota Bekasi, melalui uji emisi pada kendaraan.


“Pengujiannya reguler. Sumber pencemaran udara di Perkotaan di dominasi oleh transportasi, terutama dijalan yang padat kendaraan atau macet, sehingga menunjukan polusi udara yang signifikan,” ujarnya kepada Kabartiga.com, Senin (17/9/2018).


EKUP ini diketahui akan meliputi beberapa aspek pengujian, yaitu road side monitoring, traffic counting dan uji emisi kendaraan di tiga ruas jalan yang sudah ditentukan oleh pihak Dinas LH Kota Bekasi.


“Nanti bisa dilihat kontribusi polusi dari kendaraan bermotor di 3 jalan objek EKUP tersebut,” kata Luthfi.


Selain menurunkan beban pencemaran dari emisi transportasi dan meningkatkan kualitas udara perkotaan, EKUP ini salah satu bentuk upaya Pemerintah Kota Bekasi memenuhi syarat penilaian non fisik pada Adipura.


Untuk hari pertama, EKUP dilakukan di Jalan Ahmad Yani, di depan Stadion Patriot Chandrabhaga Kota Bekasi, mulai pukul 06.00 WIB. Kemudian di hari kedua, EKUP akan dilakukan di jalan Sultan Agung-Harapan Indah dan dihari ketiga di Jalan Ir H Juanda di depan TMP Bulak Kapal Bekasi Timur.



Disarankan untuk anda