KNPI Kota Bekasi Wadahi Tempat Baca Untuk Siswa dan Mahasiswa

  • Redaksi
  • 26 Agustus 2022
  • 128
  • Bagikan:
KNPI Kota Bekasi Wadahi Tempat Baca Untuk Siswa dan Mahasiswa DPD KNPI Kota Bekasi Buka Kolaborasi Baca (foto:Istimewa)

BEKASI - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI Kota Bekasi memberikan wadah baca untuk siswa dan mahasiswa serta masyarakat umum di Gedung Pemuda, Jl Lapangan Serbaguna, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur.


Ketua DPD KNPI Kota Bekasi, Mardani Ahmad menjelaskan, wadah baca ini sebagai bentuk partisipasi KNPI dalam meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, khususnya siswa dan mahasiswa di Kota Bekasi ditengah mendisrupsinya teknologi. Kendati demikian, perkembang teknologi pun tidak mendegradasi para pemuda dari penambahan wawasan literasi.


"Sebagaimana yang kita ketahui bersama, era digitalisasi ini dapat berdampak baik terhadap perkembangan wawasan pemuda, namun hal itu bisa terwujud jika adanya peran atau tangan-tangan pemuda yang peduli terhadap minat literasi," ucap Mardani.


Menurutnya, belum lama ini, Bunda Literasi Kota Bekasi, Wiwiek Hargono Tri Adhoanto menyebutkan, bahwa minat baca dan literasi di Kota Bekasi masih rendah. Artinya, ini jadi persoalan bersama, yang perlu disikapi. Sebab itu, melalui KNPI, wadah baca yang didirikan ini dapat mengingatkan kembali pentingnya memperbanyak pustaka literasi.


"Sejarah mengingatkan, bahwa bagaimana gigihnya para tokoh pejuang kita untuk merubah peradaban bangsa Indonesia ke masa yang cerah. Contohnya, Raden Adjeng Kartini, seorang bangsawan yang juga tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia ini, membawa perubahan bagi kaum perempuan di masa itu, bagaimana kegigihannya memberikan pelajaran literasi untuk kaum perempuan secara sembunyi-sembunyi, agar tidak diketahui oleh penjajah,” papar Mardani.


Mardani berharap, wadah baca yang disediakan DPD KNPI Kota Bekasi dapat memberikan kontribusi untuk Kota Bekasi kedepan.


“Penduduk Kota Bekasi sudah cukup padat, sangat amat di sayangkan, jika sumber daya manusia yang banyak ini, masih ada yang belum cukup atau terpenuhi literasinya. Ayo kita bangkitkan semangat membaca kita, untuk Kota Bekasi yang Cerdas,” tutupnya. (Al)



Disarankan untuk anda