Festival Budaya Patriot Ajang Silahturahmi Warga Bekasi Timur

  • Redaksi
  • 21 Agustus 2022
  • 120
  • Bagikan:
Festival Budaya Patriot Ajang Silahturahmi Warga Bekasi Timur Istri Plt Wali Kota Bekasi, Wiwiek Hargono bersama Camat Bekasi Timur dan Anggota DPRD Kota Bekasi, Evi Mafriningsianti menyambut para peserta pawai di Festival Budaya Patriot Kota Bekasi, di depan Gedung Creatif Center Juanda

BEKASI - Masih dalam suasana Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi menggelar Festival Budaya Patriot kali pertamanya. 


Festival Budaya Patriot yang digelar pada hari Sabtu pagi (20/8/2022) itu, merangkaikan sejumlah acara, yang di awali dengan pawai kebudayaan, yang di mulai dari depan kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) hingga berakhir di Lapangan Multiguna, Bekasi Timur. 


Beragam peragaan yang diikuti 1.500 peserta itu, menampilkan sejumlah kemeriahan, hingga menarik warga untuk mendokumentasikan. 


Turut hadir dalam Fastival Budaya Patriot adalah Plt Ketua PKK Kota Bekasi, Wiwiek Hargono Tri Adhianto, Camat Bekasi Timur, Fitri Widyati dan Anggota DPRD Kota Bekasi, Evi Mafriningsianti. 


Dalam sambutannya, Plt Ketua PKK Kota Bekasi, Wiwiek Hargono Tri Adhianto mengatakan Festival Budaya Patriot yang digagas oleh Camat Bekasi Timur, Fitri Widyati sebagai langkah kebangkitan masyarakat pasca pandemik Covid-19. 


"Saya Wiwiek Hargono Tri Adhianto, istri Plt Wali Kota Bekasi sangat mengapresiasi Festival Budaya Patriot yang digagas oleh Kecamatan Bekasi Timur bersama para aparaturnya ini. Bahkan bukan hanya melibatkan aparturnya, tapi juga ada masyarakat yang berpartisipasi menjadi peserta, mulai dari tokohnya, hingga pelajar yang bersekolah di wilayah Kecamatan Bekasi Timur," ungkapnya. 


Wiwiek juga berharap, kasus Covid-19 yang sempat meningkat dalam dua tahun lalu, tidak kembali terulang, terutama di Kota Bekasi. 


"Keterlibatan masyarakat dalam pawai budaya ini menandakan, bahwa masyarakat sudah bergeriliya untuk kebangkitan ekonominya. Mudah-mudahan Covid-19 ini cepat surut dan tidak terulang kasus yang signifikan, sehingga kreatifitas seni budaya masyarakat bisa meningkat, perekonomian kembali pulih. Itulah dari Bekasi Timur untuk Kota Bekasi yang semakin Keren dan Indonesia bangkit," imbuhnya. 


Sementara itu, Camat Bekasi Timur, Fitri Widyati mengatakan Festival Budaya Patriot ini akan menjadi agenda tahunan Kecamatan Bekasi Timur. 


"Insya Allah Festival Budaya Patriot ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun. Alhamdulillah masyarakat antusias mengikuti festival ini," ucapnya. 


Fitri menyebut, empat Kelurahan di wilayah Kecamatan Bekasi Timur ikut menjadi peserta utama, dengan menampilkan berbagai macam kreatifitasnya. 


Selain Kulurahan, juga ada Barongsai, parade drum band, pertunjukan pencak silat dan seni budaya dari penampilan sekolah-sekolah di Kecamatan Bekasi Timur. 


Keterlibatan dari semua unsur wilayah seperti RT, RW, FKRW se Bekasi Timur, LPM, BKM, Karang Taruna dan juga penggerak PKK serta lainnya ikut serta dalam kemeriahan ini. 


"Kemeriahan ini yang kita nanti nanti di kecamatan Bekasi Timur telah terlaksana, alhamdulillah semua warga menyambut baik dan turut serta dalam karnaval ini, dan puncaknya kami menggelar panggung utama dengan kemeriahan pembagian doorprise untuk warga serta pelaku UMKM di wilayah ini juga ikut andil karena kami persilahkan untuk mengenalkan produk produk unggulannya." tutup Camat Bekasi Timur. 


Dalam acara ini, panggung gembira juga telah disiapkan dengan pembagian dari doorprise untuk warga usai mereka berkeliling jajanan tradisional dan juga melihat pengembangan UMKM dari warga Bekasi Timur.


Kecamatan Bekasi Timur juga menggandeng beberapa pihak di berbagai profesi seperti kesehatan dan pendidikan.  Rangkaian acara juga dibalut dengan pemberian santunan Yatim dan sunatan massal. (Ras)



Disarankan untuk anda